Cara Sembunyikan Folder di Windows 7

Cara Sembunyikan Folder di Windows 7, sebuah cara agar data dan folder tidak diketahui orang lain
Bagaimana cara sembuyikan folder/data/file di windows 7 agar tidak diketahui orang lain? bisa kah data itu disembunyikan agar tidak diketahui orang lain atau pihak yan tidak di inginkan?.Inspirasi mulanya admin ingin lakukan ini karena ketika kepala meminta kepadaku untuk memberikan laptop kedinas guna di isikan program tertentu yang ada kaitannya dengan sekolah, kebetulan Kepala sekolah ini memintaku untuk menyembunyikan data di windows 7 ini baik itu berup folder maupun file agar tidak terlihat oleh pihak lain, tentu saja ini harus dilakukan karena bisa dipastikan ada banyak data yang harus dilindungi hak aksesnya.

Jika sobat Belajar Ilmu Komputer memiliki permasalahan yang sama yang ingin menyembunyikan file/folder pada sistem operasi windows 7 maka silahkan ikuti langkah langkah berikut ini;

Cara Sembunyikan Folder di Windows 7

Mengumpulkan Data
Untuk tahap pertama yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan data dalam satu folder, jika seandainya sobat BIK hanya menginginkan folder tertentu saja yang tidak bisa diakses oleh orang lain. Satu hal yang harus diingat bahwa nama folder yang akan disembunyikan harus di ingat nama filenya. contoh buat saja sebuah folder dengan nama "RAHASIA". Selanjutnya pindahkan data yang ingin disembunyikan kedalam folder tersebut. langsung di CUT ya, jangan di COPY.

Sembunyikan Dengan Super Hidden
Data yang sudah dikumpulkan diatas akan kita sembunyikan dengan super hidden. Apakah beda hidden dengan super hidden? dari segi penamaan saja sudah jelas bedanya, jika super hidden masih bisa dilihat file atau folder yang disembunyikan jika melakukan "Show hidden files, folders and drivers". Namun jika super hidden tidak akan kelihatan walaupun sudah di show kan. Lalu bagaimana cara menyembunyikan file dengan super hidden? caranya sangatlah mudah
  1. Klik start, pilih all programs - pilih accessories - dan terakhir pilih command prompt
  2. Masuk ke drive tempat data anda disimpan, sebagai contoh data berada di drive D maka ketik D: dan enter
  3. Di drive ini sudah ada kumpulan data yang akan kita sembunyikan yang telah di kumpulkan di folder RAHASIA, mak kita akan menyembunyikan folder ini dengan cara ketik attrib +s +h +r "RAHASIA" dan enter.
  4. Data sobat secara otomatis telah tersembunyi dan tidak akan terlihat lagi, belum percaya? silahkan praktek dulu :). 
  5. Untuk melihat kembali data folder rahasia tadi maka silahkan ikuti langkah 1 dan 2, pada langkah ketiga, syntaknya adalah dengna menggantikan + (plus) menjadi - (minus) hingga akhirnya seperti ini. attrib -s -h -r "RAHASIA"
Demikianlah Cara Sembunyikan Folder di Windows 7 yang menurutku sangat mudah, tapi sangat bermanfaat. selain cara menyembunyikan dara di windows 7 dengan model super hidden, data juga bisa disembunyikan dengan cara memasukkannya kedalam gambar, sehingga sebuah gambar terlihat kapasitasnya hingga 1GB, mengapa bisa? karena dalam gambar itu sudah di sisipi data. Bagaimana caranya? akan diterbitkan pada kesempatan berikutnya, insya' Allah. Semoga bermanfaat.

Mau donasi lewat mana?

BRI - Akhir Mali (3524-0102-0274-531 )

BSI - Akhir Mali (7181-0522-57)

OVO/DANA - Akhir Mali (0852-0000-0285)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo balas dengan donasi. Tekan tombol merah
© Belajar Ilmu Komputer. All rights reserved. Developed by Saifullah.id