Pengertian Komputer Server, Spesifikasi dan Fungsinya

BelajarIlmuKomputer.ga | Pengertian Komputer Server, Spesifikasi dan FungsinyaPengertian komputer server adalah  Peladen (bahasa Inggris: server) merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan berbagai jenis layanan yang dapat diakses oleh komputer client yang sedang terhubung pada sebuah jaringan  . komputer server juga sering disebut Peladen yang diadopsi dari bahasa inggris. Komputer server dari memliki prosesor yang tinggi yang bersifat scalable dan didukung oleh RAM dengan kapasitas yang besar. Selain komputer server harus memiliki prosessor dan RAM tingkat dewa diatas, peladen atau komputer server juga harus dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang biasa disebut sebagai sistem operasi jaringan. 

Pengertian Komputer Server, Spesifikasi dan Fungsinya


Komputer Server berfungsi dan bertugas untuk mengatur lalu lintas data di dalam jaringan dan menyediakan resource yang dapat digunakan oleh komputer lain yang sedang terhubung pada jaringannya. Selain itu komputer server  juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya contoh seperti halnya berkas atau pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan.

Fungsi Komputer Server

Fungsi komputer server itu diturunkan dari pengertian komputer server diatas. Komputer server berikan tugas oleh administrator komputer untuk menjadi server dengan memberikan layanan permintaan data dan juga mengatur komputer kompuer client. Sebagai contoh komputer server yang ada di perusahaan atau sekolah. Didalam komputer server disajikan dan disediakan semua kebutuhan komputer client yang tentutnya disesuaikan dengan kepentingan sekolah atau perusahaan tersebut.
Selain fungsi diatas komputer server juga berfungsi sebagai server aplikasi, server data maupun server proksi. Server aplikasi adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh klien, server data sendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan klien secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi. Server proksi berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proksi. Orang banyak lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer klien ke Internet. Kesimpulannya fungsi komputer server sangat banyak, tergantung untuk kebutuhan misalnya untuk situs web, ilmu pengetahuan, atau sekadar penyimpanan data semata.

Sistem Operasi Komputer Server.

Seperti yang sudah dipaparkan diatas, komputer server yang bertugas memberikan pelayanan kepada klien maka tentunya untuk berjalan dengan baik tentunya harus memiliki sistem opearasi. di dalam sistem operasi komputer server ada disediakan berbagai macam layanan yang menggunakan arsitektur klient/server. Contoh layanan itu antara lain adalah Protokol Konfigurasi Hos Dinamik, Server surat, server PTH, server PTB, server DNS, dan lain sebagainya. Contoh sistem operasi yang biasa digunakan adalah Windows NT 3.51, dan dilanjutkan dengan Windows NT 4.0. Saat ini sistem yang cukup populer adalah Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, kemudian Sun Solaris, Unix, dan GNU/Linux.

Spesifikasi Komputer Server

Jika ingin membuat sebuah komputer server maka Komputer tersebut harus memiliki Spec yang mumpuni. Dimulai dari prosesor dan RAM yang  besar, Hard Disk dengan penyimpanan besar juga harus. Mengapa demikian? Karena Komputer Server harus selalu aktif karena Komputer server menjadi pintu utama manajemen jaringan yg Anda miliki. Seperti halnya komputer server web site, maka server tersebut harus selalu dan selalu aktif supaya pengunjung Web Anda tetap bisa mengaksesnya setiap saat. Sebaliknya Jika server web tadi dimatikan maka Web Anda tidak bisa diakses sama sekali oleh pengunjung

Seperti yang dipaparkan diatas, untuk berjalan sebagaimana mestinya maka komputer server harus selalu menyala, karena selalu menyala maka dibutuhkan alat atau hardware pendingin lebih untuk prosessor guna menghindari over-heating. Jika komputer server maka klien komputer tidak akan bisa meminta data atau layanan lain ke server.
 
Apakah spesfikasi komputer server diatas adalah kemutlakan? Tentu saja tidak.  Untuk membuat Komputer Server dengan skala kecil juga bisa, seperti halnya Warnet. Sepeti yang kita maklumi bersama bahwa warnet juga memilki Komputer Server, Komputer server itulah yang sering digunakan oleh operator warnet dan itu sudah mampu menghubungkan beberapa komputer, dan satu lagi Komputer yang ada di rumah Anda juga bisa dijadikan komputer server. komputer server biasanya terhubung dengan klien dengan kabel UTP dan sebuah kartu jaringan. Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA.

Demikianlah artikel “Pengertian Komputer Server, Spesifikasi dan Fungsinya”. Semoga artikel ini bermanfaat.

Mau donasi lewat mana?

BRI - Akhir Mali (3524-0102-0274-531 )

BSI - Akhir Mali (7181-0522-57)

OVO/DANA - Akhir Mali (0852-0000-0285)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo balas dengan donasi. Tekan tombol merah