Flashdisk Tidak Bisa Diformat dan Cara Memperbaikinya

Flashdisk Tidak Bisa Diformat dan Cara Memperbaikinya ini adalah kelanjutan artikel memperbaiki flashdisk yang datanya tidak terbaca, dalam artikel memperbaiki flashdisk data tidak terbaca itu banyak yang sudah sukses mengatasinya. Namun permasalahan flashdisk rusak bukan saja pada masalah data tidak terlihat melainkan juga menyangkut dengan permasalahan flashdisk yang tidak bisa diformat. dalam artikel dengan judul Flashdisk Tidak Bisa Diformat dan Cara Memperbaikinya ini akan dibeberkan beberapa langkah dan tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan flashdisk rusak ini.

Karena sesuatu dan lain hal terkadang kita ingin melakukan format terhadap flashdisk. Bisa jadi tujuannya agar membersihkannnya dari virus atau data yang tidak penting berada disana. Namun terkadang niat untuk memformat flashdisk itu tidak berjalan dengan mulus. jika anda ingin memormat flashdisk dan tidak berjalan sama sekali maka coba melakukan format flashdisk itu pada berbagai PC atau komputer yang sudah terinstall Windows xp,7,8. Jika masih juga membandel tidak bisa diformat maka barulah melakukan cara cara dibawah ini.


1. Colokkan flashdisk ke port usb komputer atau laptop anda.
2. Klik Start kemudian pilih RUN. bisa juga dengan menekan kombinasi Win + R di keyboard anda dan ketik compmgmt.msc dan enter atau klik OK seperti gambar dibawah ini.

Flashdisk Tidak Bisa Diformat dan Cara Memperbaikinya
3.  Selanjutnya akan terbukan halaman atau jendela  "computer management" dan silahkan Pilih storege yang berada di tengah setelah itu pilih disk management dan secara otomatis flashdisk anda akan terdeteksi.

computer management

4. Jika flashdisk anda sudah terdeteksi selanjutnya klik kanan pada flashdisk itu dan pilih "create partition".dilanjutkan dengan klik kanan pilih "format".
5. proses format flashdisk pun tuntas.

Jika langkah diatas belum berhasil pada TKP anda maka silahkan ikuti cara kedua memperbaiki flashdisk yang tidak bisa diformat itu.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa salah satu penyebab flashdisk tidak bisa diformat disebabkan oleh write protection maka untuk menghilangkan proteksi itu silahkan ikuti langkah berikut ini.

1. masuk ke menu RUN dengan cara Tekan tombol Window + R bersamaan
2. ketik regedit dan klik OK.
3. Akan terbuka sebuah jendela regedit. langsung tekan di keyboaard anda Ctrl+F dan ketik write protected.pada kotak searching, pilih Find Next.
4. hapus keterangan write protected dengan cara klik kanan file itu dan pilih hapus dan klik OK untuk mengiyakan eksekusi.
5. JIka sudah maka silahkan tutup dialog Registri Editor, cabut flashdisk lalu restart komputer Anda

Jika masih belum bisa anda bisa melakukan format Flashdisk diatas maka silahkan coba fortmat flashdisk anda pada kondisi safe mode windows anda, caranya:
1. Restart PC/laptop dan tekan F8 ketika booting.
2.Pilih safe mode dan lakukan format flashdisk di safe mode tersebut
itulah cara yang bisa dilakukan dalam memperbaiki dan mengatasi flashdisk yang tidak bisa diformat. jika ada trik yang lain silahkan dibagikan di komentar. dan sebagai penutup kami juga mereferensikan tutorial mengatasi flashdisk rusak ini lewat video berikut.

Mau donasi lewat mana?

BRI - Akhir Mali (3524-0102-0274-531 )

BSI - Akhir Mali (7181-0522-57)

OVO/DANA - Akhir Mali (0852-0000-0285)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo balas dengan donasi. Tekan tombol merah