Cara Menggunakan Tag HrefLang Preferensi Bahasa Pengguna Pada Blogspot

Cara Menggunakan Tag HrefLang Preferensi Bahasa Pengguna Pada Blogspot | Google menggunakan tag hreflang untuk mencocokkan preferensi bahasa pengguna dengan variasi laman yang benar. Ketika mengotak atik webmaster, Arminaven menemukan pesan "Situs Anda tidak memiliki tag hreflang." pada bagian lalu lintas penelusuran tepatnya pada Penargetan Internasional.


Cara Menggunakan Tag HrefLang Preferensi Bahasa Pengguna Pada Blogspot
Tag hreflang merupkan tag yang akan menentukan bahasa pada laman website atau blog,  Banyak situs web yang melayani pengguna dari seluruh dunia dengan konten yang diterjemahkan atau ditujukan bagi pengguna di wilayah tertentu. Google menggunakan atribut rel="alternate" hreflang="x" untuk menyediakan bahasa atau URL regional yang benar dalam hasil Penelusuran.

Berikut adalah beberapa manfaat mengapa seorang blogger disarankan untuk menggunakan tag  rel="alternate" hreflang="x":
  • Untuk mempertahankan konten utama dalam satu bahasa dan hanya menerjemahkan template, seperti navigasi dan footer. Laman yang menyajikan konten buatan pengguna. Biasanya hal ini banyak dilakukan dalam sebuah forum.
  • Konten Anda memiliki variasi regional yang kecil dengan konten serupa dalam satu bahasa. Misalnya, Anda dapat memiliki konten berbahasa Inggris yang ditujukan untuk AS, Inggris, dan Irlandia.
  • Konten situs Anda diterjemahkan sepenuhnya. Misalnya, Anda memiliki versi bahasa Inggris dan Jepang untuk masing-masing laman.

Menggunakan anotasi bahasa

Jika sobat memiliki laman berbahasa Inggris yang dihosting di http://www.example.com/, dengan alternatif bahasa Spanyol di http://es.example.com/. maka sobat dapat menunjukkan kepada Google bahwa URL bahasa Spanyol tersebut adalah laman berbahasa Spanyol yang setara dengan laman bahasa Inggris dengan salah satu dari tiga cara berikut:
  • Elemen tautan HTML di header. Pada bagian HTML <head> dari http://www.example.com/, tambahkan elemen link yang mengarah ke laman web versi bahasa Spanyol http://es.example.com/, seperti ini:
    <link rel="alternate" hreflang="es" href="http://es.example.com/" />

  • Header HTTP. Jika Anda menerbitkan file non-HTML (misalnya PDF), Anda dapat menggunakan header HTTP untuk menunjukkan versi bahasa yang berbeda dari URL:
    Tautan: <http://es.example.com/>; rel="alternate"; hreflang="es"

    Untuk menentukan beberapa nilai hreflang di header Tautan HTTP, pisahkan nilai dengan koma seperti berikut:
    Tautan: <http://es.example.com/>; rel="alternate"; hreflang="es",<http://de.example.com/>; rel="alternate"; hreflang="de"

  • Peta Situs. Sebagai ganti menggunakan markup, Anda dapat mengirimkan informasi versi bahasa di Peta Situs.
Jika Anda memiliki beberapa versi bahasa untuk sebuah URL, setiap laman bahasa harus mengidentifikasi semua versi bahasa, termasuk versi bahasa laman itu sendiri.  Misalnya, jika situs Anda menyediakan konten dalam bahasa Prancis, Inggris, dan Spanyol, versi Spanyol perlu menyertakan tautan rel="alternate" hreflang="x" untuk laman itu sendiri sekaligus tautan ke versi bahasa Prancis dan Inggris. Begitu juga dengan versi bahasa Inggris dan Perancis, masing-masing harus menyertakan referensi yang sama ke versi bahasa Perancis, Inggris, dan Spanyol.

Anda dapat menetapkan URL multibahasa di domain yang sama seperti URL yang ditentukan, atau menggunakan URL dari domain yang berbeda.

Sebaiknya Anda memberikan URL umum untuk pengguna yang tidak ditentukan secara geografis jika Anda memiliki beberapa URL alternatif yang ditujukan bagi pengguna dengan bahasa yang sama, namun di lokal yang berbeda. Misalnya, Anda memiliki URL khusus untuk orang yang berbahasa Inggris di Irlandia (en-ie), Kanada (en-ca), dan Australia (en-au), tapi Anda juga ingin orang berbahasa Inggris lainnya melihat laman Inggris generik (en) sedangkan orang yang lainnya melihat beranda. Dalam kasus ini, Anda harus menentukan laman berbahasa Inggris (en) generik untuk penelusur di, misalnya, Inggris Raya. Anda dapat menganotasikan kelompok laman ini menggunakan file Peta Situs atau menggunakan tag tautan HTML seperti ini:
<link rel="alternate" href="http://example.com/en-ie" hreflang="en-ie" />
<link rel="alternate" href="http://example.com/en-ca" hreflang="en-ca" />
<link rel="alternate" href="http://example.com/en-au" hreflang="en-au" />
<link rel="alternate" href="http://example.com/en" hreflang="en" />
 
Untuk alat pilih bahasa/negara atau beranda pengalihan otomatis, Anda juga perlu menambahkan anotasi untuk nilai hreflang "x-default":

<link rel="alternate" expr:href="data:blog.url" hreflang="x-default" />
 
cara penambahannya letakkan tag diatas tepat di bawah kode <head>. Tag di atas secara otomatis akan menyesuaikan semua laman pada blogspot sesuai dengan url yang sobat buka. untuk melihatnya pasang tag hreflang tersebut kemudian simpan dan lihat blog sobat setelah terbuka lihat open source maka tag tersebut akan menyesuaikan semua url pada blog sobat. Demikianlah artikel "Cara Menggunakan Tag HrefLang Preferensi Bahasa Pengguna Pada Blogspot" semoga bermanfaat.

Mau donasi lewat mana?

BRI - Akhir Mali (3524-0102-0274-531 )

BSI - Akhir Mali (7181-0522-57)

OVO/DANA - Akhir Mali (0852-0000-0285)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo balas dengan donasi. Tekan tombol merah
© Belajar Ilmu Komputer. All rights reserved. Developed by Saifullah.id