AkhirMali.com News :
Home » » Membuat Database dan Formulir Dengan Microsoft Access 2007 | Penerimaan Siswa Baru

Membuat Database dan Formulir Dengan Microsoft Access 2007 | Penerimaan Siswa Baru

Written By Akhir Mali El Bustany on Kamis, 06 Februari 2014 | 7:30:00 PM

Database dan Formulir siswa baru
Membuat Database dan Formulir Dengan Microsoft Access 2007 | Penerimaan Siswa Baru - PSB atau penerimaan siswa baru tentu sangat membutuhkan sebuah aplikasi atau software yang digunakan untuk membuat database serta formulir penerimaan siswa baru. Bustanul Arifin adalah sebuah lembaga pendidikan yang juga saat ini sedang membuka pendaftaran santri baru untuk tahun ajaran 2014-2015 dan +Akhir Mali El Bustany adalah salah satu panitia Penerimaan siswa baru tersebut sangat membutuhkan sebuah database dan formulir pendaftaran yang memudahkan admin blog Belajar Ilmu Komputer ini dalam memanagement santri baru.

Karena tuntutan keadaan, maka +Arminaven Gayo pun surfing di  internet dan menemukan cara Membuat Database dan Formulir Dengan Microsoft Access 2007 untuk Penerimaan Siswa Baru. Sangat senang diri ini tentunya dengan adanya artikel yang membahas cara Membuat Database dan Formulir Penerimaan Siswa Baru dan langsung menshare ulang di blog Belajar Service Laptop Komputer ini.

Untuk Cara Membuat Aplikasi  PMB atau PSB (penerimaan siswa baru) kita menggunakan Program Microsoft Access. Berikut ini kami paparkan langkah langkah Membuat Database dan Formulir Dengan Microsoft Access 2007 untuk kemudahan Penerimaan Siswa Baru

Langkah pertama adalah buka Microsoft Access, dalam kasus ini +Akhir Mali Gayo menggunakan MS Access 2007
Klik Star Menu => All Program => Microsoft Office => Microsoft Office Access 2007. Lalu akan tampil halaman awal MS Access 2007. Lihat gambar dibawah ini!

Setelah MS Access terbuka sekarang kita mulai membuat databasenya.
Klik Blank Database disebelah kiri atas, maka akan muncul sidebar. Lihat gambar!
Pada Kolom sidebar Database 1, kita isikan nama database yang akan kita buat misalnya db_pmb. Untuk menentukan tempat penyimpanan data klik icon folder sebelah kanan, lalu tentukan dimana kita akan menyimpan data, misalnya disimpan di Data (D) pada komputer kita. Jika tidak ditentukan, secara default data akan tersimpan di My Documents. Setelah itu klik Create. Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.
Ini adalah tampilan tabel awal database yang akan kita buat. Selanjutnya kita buat tabel. Untuk membuat tabel 
klik menu Home => klik View => klik Desain View, maka akan tampil seperti ini

 
Ganti Table 1 dengan Tabel PMB lau klik OK.


Mulailah mengisi tabel dengan data berikut
Fild Name
Data Type
No Pendaftaran
Number
Nama Lengkap
Text
Jenis Kelamin
Text
Agama
Text
Tempat Lahir
Text
Tanggal Lahir
Date/Time
Alamat Sekarang
Memo
Kode Pos
Number
No Tlp / Handphone
Text
Nama Ayah / Wali
Text
Nama Ibu
Text
Alamat
Memo
Anak Ke
Number
Sekolah Asal
Text
Alamat Sekolah
Memo
Tahun Lulus
Number
Pilihan Jurusan
Text
Biaya Pendaftaran
Currency
Total Biaya 1 Tahun
Currency
Bayar
Currency
Sisa
Currency


Setelah itu klik View, hasilnya seperti ini
 
selesai sudah membuat tabel,, sekarang tinggal kita masukin data-datanya pada tabel tersebut.
langkah selanjutnya adalah membuat query dari tabel tersebut.
 
Berikut ini merupakan cara bagaimana membuat query dari Tabel PMB yang sudah kita buat diatas serta membuat Form PMB untuk menginput data ke database.
Caranya klik Tabel PMB => klik menu Create => klik Query Wizard, maka akan tampil pop up seperti ini.


Klik OK => klik tanda panah dua => klik Next => klik Next lagi => ganti nama querynya menjadi Query Tabel PMB => Finish. Maka query dari Tabel PMB sudah selesai dibuat.
Setelah berhasil membuat query sekarang kita membuat Form PMB yang nantinya bisa digunakan untuk meninput data ke database. Untuk membuat Fom PMB caranya adalah 
klik Query Tabel PMB => klik menu Create => klik More Form => Form Wizard => klik tanda panah dua => klik Next => klik Next lagi => pilih desain => klik Next => ganti Query Tabel PMB menjadi Form PMB => Finish. Maka hasilnya seperti ini.
 
Form-nya sudah berhasil dibuat, itu adalah tampilan default dari form yang dibuat. Untuk mempercantiknya kita bisa mengedit form tersebut, bisa menggunakan gambar, logo dan juga label. Cara mengeditnya sangat mudah. Ikuti langkah-langkah berikut.
Klik menu Home => klik View => Desain View. Maka hasilnya seperti ini.
 
Demikianlah Membuat Database dan Formulir Dengan Microsoft Access 2007 | Penerimaan Siswa Baru yang bisa kami paparkan sedikit, kami menghargai pemilik dari artikel ini. untuk melihatnya silahkan klik link sumber dibawah ini.
SUMBER [DISINI]



Share this post :
 
Pengelola Website : Arminaven Gayo | Partners | Mas Template
Copyright © 2000. Belajar Ilmu Komputer - Bener Meriah - GAYO
Template Modified by Akhir Mali El-Bustany Gayo Published by Maskolis
Proudly powered by Blogger